Sunday 27 February 2011

WHAT THE FAZ MOMENT 14

Yang ini kejadian sekitar 2 tahun lalu.

Waktu itu gw di Melbourne lagi ga ada kerjaan karena baru pulang 2 bulan dari Jakarta.

Setelah sebelomnya gw selalu kerja ngoran, gw pengen nyoba pengalaman dan suasana baru. Setelah tanya menanya, cari mencari, akhirnya gw ditawarin ama kenalan gw, Chef Dian, buat jadi waitress di  Cafe Trevi, restoran tempat dia kerja.

Tampak Luar
Tampak Dalam


Awalnya, gw kira waitress itu gampang, namanya aja wait+rest, berarti kerjanya cuma nunggu ama istirahat doang, ya ga?

Chef Dian pun meyakini gw kalo itu gampang, saking pedenya dia juga meyakini bos gw kalo gw udah punya experience 1 tahun.

"Gampang kok Faz, kamu bisa lah insya allah"

Begitu katanya,

Tapi nyatanya???
Di Cafe Trevi udah pake kayak ginian, tapi menunya bahasa Italia semua, WHAT THE FAZ!

KEJADIAN 1:

Ada orang dateng, minta Affogato, gw pun berpikir, "hmm, affogato?! apa ya? kayaknya nama Pizza deh" Gw pun inget perkataan managernya kalo setiap ada yang order Pizza gw harus nanya, "Do you want Small, Medium or Large Pizza?"

Gw tanya seperti itu, raut muka si pengunjung langsung berubah. Seketika dia langsung berkata ke gw:

"Affogato is a coffee mate?!"

WHAT THE FAZ?!


KEJADIAN 2:

Ada costumer yang makanannya tidak habis, dia pun minta makanannya buat take away (dibungkus). Oke, dengan sigap gw langsung taro piringnya ke bagian cuci piring sambil gw bilang, "Bang, ini ada yang minta bungkus Bang" (pake bahasa inggris).

Eh ternyata, pas si costumer tadi mau ngambil bungkusannya, taunya makanannya udah dibuang sama bagian cuci piring. Baru gw mau marah - marah sama bagian cuci piring, eh malah gw yang dimarahin ama manager gw.
Manager gw bilang, "DIdn't I tell you that we can't do take away in here?!". Oiya gw baru inget kalo disini ga boleh take away.
Akhirnya manager gw deh yang mesti minta maaf nunduk nunduk sama si costumer.

WHAT THE FAZ!

Kejadian 3:
Karena gerak - gerik gw mulai mencurigakan, akhirnya si manager pun nungguin gw, pengen ngeliat sendiri gimana performa gw. Tentunya gw jadi makin tertantang dong buat ngebuktiin kalo gw handal. Alhasil, setiap ada orang yang mesen Pizza, gw bawain piring ke mereka langsung 4 sekaligus, plus pisau dan garpunya. Eh, begitu gw udah deket mejanya yang mesen, jatoh aja gitu pisau garpunya. Gw pun panik, gw ambil lagi pisau garpu yang jatoh dari lantai, gw taro diatas piring, dan gw sajikan dengan seksama bersama debu - debu dan kotoran lantai.

WHAT THE FAZ?!

KEJADIAN 4:
Seiring berlanjutnya hari, pengunjung pun semakin ramai. Gw yang kewalahan mulai kehilangan konsentrasi. Untungnya kadang - kadang ada pengunjung yang berparas cantik, apik, ciamik nan menarik.

Seperti biasa, mata gw pun menerawang ke cewek - cewek pengunjung, sampe suatu ketika, mata gw berpapasan dengan salah satu cewek.

Gw langsung deg -degan seketika. Apalagi itu cewek tetep mandangin gw, malah temennya, juga ikutan ngeliatin gw. Gw pun pura - pura ngeliat ke arah lain, sambil sesekali senyum kearah dia. Dia juga senyumin balik ke gw. Serrrrrrr....

Makin lama gw makin ge er, tapi makin heran juga, kok dia betah ya ngeliatin gw lama - lama. Gw pun pura - pura sibuk, ngelap - ngelap meja, betulin kursi, ato garuk - garuk kepala.

Akhirnya itu cewek 2 pun pergi. Gw pun datang ke mejanya buat ngebersihin.
Pas sampe di mejanya, gw bingung, loh kok, mejanya kosong, mana piringnya???
Oiya gw baru inget, tadi kan gw belom ngasihin mereka menunya, pantesan aja dari tadi ngeliatin gw mulu, minta menu toh!!!

WHAT THE FAZ!!

Hari itu juga gw pun dipecat dalam waktu 4 jam, padahal mestinya shift gw 6 jam. Untung bosnya masih baik, gw masih dikasih gaji 44$+ tips 2$.

Gw pun baru menyadari ternyata jadi Waitress itu ga sesimpel namanya.
Pekerjaan yang gw kira cuma Wait & Rest, malah bikin gw Stress berat dan tentunya langsung berkata...

 WHAT THE FAZ!!!!???

WHAT THE FAZ LEVEL: 3.5

No comments:

Post a Comment