Sunday 8 May 2011

WHAT THE FAZ MOMENT 31

Kali ini gw mau bercerita tentang profesi gw sekitar 3 taun yang lalu.
Waktu itu gw yang masih naif dan polos, mengira bahwa hobi menulis itu berarti jurnalis. Jadilah gw mencoba bekerja sebagai jurnails di sebuah tabloid Indonesia di Mebourne, tabloid bernama BUSET.

BUSET itu singkatan dari Bukan Sembarang Tabloid, bisa dibilang dari namanya aja udah agak sedikit WHAT THE FAZ.


Disini gw baru sadar kalo ternyata jadi Jurnalis itu bukan cuma menulis, jurnalis juga bukan singkatan dari jujur, nakal tapi agak narsis.

Karena selain menulis, gw juag harus cakap dan luwes dalam meliput sebuah berita, yang notabene harus diimbangi dengan kemampuan wawancara yang mumpuni.

Padahal waktu itu gw masih seorang yang pemalu namun malu - maluin, jadilah gw sering mengalami kesulitan dalam mewawancara orang.

Berikut beberapa wawancara gw yang berujung WHAT THE FAZ:

1. Wawancara dengan seorang Fashion Designer Melbourne yg warga negara Indonesia.

Waktu itu bulan April, dan tema tabloid pada bulan itu adalah Hari Kartini (So Cliche!) Jadi gw disuruh dateng sama bos gw buat mewawancarai beberapa wanita Indonesia yang dianggap berprestasi di Melbourne.

Kebetulan Bos gw juga ngajak satu temennya Fashion Designer  buat diwawancara. Anehnya, temennya ini cowok, bukan cewek, nah loh!


Untung gw lihai dan cekatan, gw tanya aja dia dengan pertanyaan yang sama gw tanyakan ke para cewek, namun dengan sudut pandang cowok, pintar kan?

Ternyata tidak juga, karena ada satu pertanyaan gw yang berbunyi:

"Kalo mas dalam berpacaran, itu lebih dominan mana, masnya, ato ceweknya?"

Sepintas ini terlintas seperti pertanyaan yang standard bukan? Bisa dibilang bgitu kalo yang gw wawancara juga cowok standard, tapi gimana kalo si Fashion Designer itu GAY?

WHAT THE FAZ?!

Orang gay gw tanyain kalo pacaran lebih dominan cowok ato ceweknya?
Pantesan si  bos tadi langsung menyanggah pertanyaan gw dan bilang, "Faz, ga usah terlalu personal Faz nanyanya"

WHAT THE FAZ?!

2. Wawancara dengan Luna Maya.

Oke, bisa dibilang gw tu cukup bodoh dalam wawancara dengan rakyat jelata, lalu bagaimana dengan wawancara dengan rakyat jelita seperti Luna Maya???

Emang salah satu benefitnya kerja di BUSET itu gw bisa gratis keluar masuk event - event Indonesia dan salah satunya adalah pemutaran film Jakarta Undercover oleh PPIA.

Dan gw waktu itu berkesempatan untuk interview para pemain pelmnya, termasuk Luna Maya.

Namun apa daya, baru melihat wajahnya Luna Maya pikiran gw langsung berhenti untuk bertanya.

Pas udah di depannya, yang keluar cuma "aa uuu aaa uuu"

Ditambah lagi si Luna bilang: "Ga usah tegang, biasa aja"

Wah, mbak Lun, tadi gw tegang, sekarang yang ada gw tegang.

Alhasil hanya 2 pertanyaan yang berhasil keluar dari mulut gw.

Setelah interview selesai, si Luna pun bertanya balik:

"Udah segini aja?"

WHAT THE FAZ?!!

3. Interview Ahmad Dhani.

Waktu itu gw udah cukup banyak pengalaman mewawancara orang, jadi pas dapet tugas dari bos gw buat interview Ahmad Dhani, gw bukan takut dan ciut, gw malah ngerasa beh tantangan baru nih, maju dah sini!

Apalagi gw udah sering denger tentang kelakuan Ahmad Dhani yang sombong, jumawa nan belagu. Jadilah gw mempersiapkan banyak cara - cara khusus buat menghadapi orang jelek yang paling belagu sejagat raya ini.

Setelah saatnya interview, waktu itu ada beberapa media Indonesia di Australia yang mau interview, dan salah satunya adalah seorang cewek blasteran yang memang cukup semlohe dan rupawan.

Gw pun coba ngintip, sebelagu apa sih si Ahmad Dhani ini, supaya gw bisa mepersiapkan diri nantinya. Eh tidak disangka tidak dinyana, yang ada malahan Ahmad Dhani yang ramah, banyak senyum dan tertawa, penuh keceriaan.

Gw pun senang, alhamdulilah, ternyata gosip - gosip kalo Ahmad Dhani itu sombong adalah berlebihan. Pasti emang infotainment aja nih yang ngelebih - lebihin ato emang dia aja yang pengen punya image kontroversial.

Setelah itu tibalah giliran gw untuk interview.

Gw sapa dengan ramah si Ahmad Dhani,

"Halo mas Dhani, apa kabar? saya interview bentar ya"

"cepet ya jangan lama, saya gw punya banyak waktu!" Jawab si Dhani dengan sengit.

WHAT THE FAZ?! PERASAAN TADI SAMA SI CEWEK DIA BAIK?!!

Tiba - tiba senyum dan tawa yang tadi gw lihat diinterview sama si cewek sirna begitu saja, keramahan dan keceriaan yang tadi diperlihatkan sekarang hilang tanpa bekas pas gw interview.

Setiap gw nanya, si Ahmad ini cuma bersedia jawab 2 ato 3 kata saja. Padahal tadi gw liat dan dengar dia menjawab panjang lebar sama si cewek, malah sekalian curhat kadang - kadang, lah kok sama gw dia balik lagi jadi kayak kambing mau disembeleh?

Karena kesel, gw pun ujung - ujungnya ngasih pertanyaan - pertanyaan yang ga penting, biar dia juga kesel, gw tanya aja "Mas, pengaruh musiknya tu dari mana sih?" (Klise abis) ada juga gw tanya "Kalo harapan kedepannya gimana mas?"
(Super Klise!)

Setelah interview, gw pun menelan pikiran gw sendiri, berarti emang betul gosip - gosip kalo si kambing ini sombong, jumawa dan banyak lagak, plus tambahan satu lagi gosip yang resmi menjadi fakta adalah, ternyata dia emang bener kalo si Ahmad Dhani ini gila wanita! 

WHAT THE FAZ!!!

WHAT THE FAZ LEVEL: 3

No comments:

Post a Comment