Thursday 10 March 2011

WHAT THE FAZ MOMENT 19

Cerita kali ini sekitar tahun 2006 dan gw beri tajuk "Triple F, Farewell Ford Falcon!"

Seperti yang gw ceritakan sebelumnya, Ford Falcon adalah mobil pertama yang pertama kali gw punyai. Namun, itu bukan berarti ini mobil adalah mobil pertama yang gw lunasi. Karena seperti yang gw bilang sebelumnya, gw membeli mobil ini secara cicilan.

Harga mobil ini sendiri cukup murah, hanya 1200AUD saja. Karena memang mobilnya cukup tua, dan juga memang harga mobil di Australia relatif lebih murah dibanding di Indonesia. Hanya saja maintanance dan repairmentnya super mahal.

Tapi ternyata, baru seminggu dibeli, secara naas dan tak terkendali, itu mobil terjerumus dan terjerembab menohok sebuah batang pohon (cerita di sini)

Lalu apa yang gw lakukan??

Kombinasi antara 20% malas, 30% unik, dan 50% bodoh, yang gw lakukan adalah membiarkan itu mobil dalam keadaan hancur tanpa bemper dan bagasi yang kehilangan fungsi.

"Ah, keren juga kayaknya nih, mobil gw jadi kayak mobil Hatchback, kan lagi tren jaman sekarang". Itu pikiran gw.

Gw pun tetep delivery koran dengan keadaan mobil seperti itu, dan tetep nyicil 100$ per minggu buat ngelunasin itu mobil. Lumayanlah masih tetep untung.

Keuntungan lainnya punya mobil adalah, gw bisa mempersingkat waktu perjalanan gw ke kampus. Asal tau aja, rumah gw waktu itu di Coburg (Melbourne bagian utara) dan kampus gw di Burwood (Melbourne bagian timur). Dan waktu tempuh gw dari rumah ke kampus kalo naik public transport adalah 1 jam 45 menit. Cukup lama kan ? Coba kalo gw seribu kali pergi ke kampus, berarti gw 1450 jam dalam kereta, 1450 dibagi 24 = 60 hari,, bayangkan coba? berarti gw menghabiskan waktu 2 bulan didalem angkot cuma buat ke kampus doang, belom lagi perjalanan pulangnya, sekalian aja gw bikin kamar di angkot kalo gitu.

Jarak dan Tempo Tempuh Dari Rumah Gw Ke Kampus Naik Mobil

Rute Perjalanan gw kalo naik kereta


Padahal kan tau sendiri gw orangnya paling ga bisa yang namanya dateng telat kuliah. Dengan Ford Falcon gw pun bisa memangkas waktu perjalanan menjadi 30 menit saja. Sungguh bikin hati menggelinjang.

Di suatu hari yang cerah, gw pun mengendarai  Ford Falcon ini kekampus. Karena masih anak baru di Melbourne, gw mengambil rute lewat City, supaya lebih gampang, walaupun kemungkinan ketemu macet lebih gede.

Tapi ternyata bukan macet yang gw temui waktu itu, melainkan sebuah kesialan yang bisa dibaca sebagai polisi.

Secara rutin nan random, polisi disini sering mengadakan Drug Test ditengah jalan, eh agak kesamping dikit sih ga ditengah - tengah banget tapi ga terlalu dipinggir juga.

Anyway, kenapa gw bisa sial sewaktu ada Drug Test? Apakah itu berarti gw mabok? ato gw minum obat terlarang?

Tentu tidak, emang sih kadang gw pengen nyobain minum Obat tetes mata atau Panadol pake Coca - Cola yang dari dulu selalu dilarang sama Emak gw, tapi bukan karena obat gw kena sialnya.

Seperti inilah kira - kira alat untuk Drug Test
Seperti inilah kira - kira prosedur Drug Test, termasuk tatapan penuh nafsu dari pak polisi


Seperti prosedur biasanya, gw disuruh meniup alat Drug testnya untuk mengetahui kadar alcohol dan sejenisnya (alcohol, alqur'an, almari, alcatraz) ditubuh gw. Tentunya gw meniup dengan sesuka hati dong, gw kan ga pernah main - main ama yang kayak gitu - gitu, at least, waktu itu gw udah tobat.

Setelah gw tiup, si Pak Polisi pun menggerakan tangannya pertanda gw untuk jalan terus. Hati lega dan muka sumringah, gw langsung bersiap untuk tancap gas, sebelom tiba - tiba.

"Sek - sek sek sek, iki opo iki neng burine mobil awakmu rek?" Pak Polisi yang tadi melambai merubah bentuk tangannya yang menandakan gw untuk stop.

"Rek, awakmu je tas nabrak opo to? Diawur ngene bentuke iku bempermu?" Si Pak Polisi pun bertanya lagi ke gw dengan bahasa Inggris yang fasih.

Dengan terbata gw pun menjawab "I just got an accident mate, my car slid down a road and hit a tree"

"Wah cuk, awakmu ga iso koyok ngene iki, mobil koyok ngene ora pantes blas buat digawe neng kene, sek, tak delok mesinnya coba" Si Pak Polisi terus menelanjangi gw dengan pernyataan dan pertanyaan yang bikin gw semakin lama semakin telanjang dengan kepanikan.

Gw pun bingung, waduh ini ada apa pula ini? Kenapa tiba - tiba dia nanyain kondisi mobil gw???

Sambil berusaha tenang gw pun membantu dia membuka kap mobil.

"Cuk, iki mobil mu iki wes ga tau di urus blas, iki oli mesinne wes buooocoorr kabeh iki!"

Kemudian Pak Pol mengecek ban mobil gw

"Diawur ae arek iki cuk cuk, iki ban mu iki lo, delo'en le, wes buotak kabeh!"

Kemudian dia mengecek lampu belakang gw

"Ya allah ya robbiiii, iki lampu senmu wes ga mekan sing nganan"

Gw yang masih ga ngerti apa hakiki dan tujuan dari percakapan ini hanya terbengong diam di dalem mobil. Tapi kebengongan itu terpecah seribu belah setelah si Pak Polisi tadi berkata seperti ini:

"Yo wes rek, awakmu ero ora kalo mobil sing di gawe neng kene ene Safety Requirementnya? Mobil seng digawe neng kene iku mesti Roadworthy, artinya mesti layak digawe, ga kayak ngene cuk! Oke, saiki mobil awakmu tak sita, tak kasih stiker DEFECTIVE VEHICLE! Berarti awakmu ndak bole gawe iki mobil sampe awakmu oleh Roadworthy yang baru" Si Pak Pol mencak mencak.

Heh? Detective Vehicle? Awalnya gw bingung, kok mobil gw ancur2an gini malah dijadiin mobil detektif sih? apa mungkin gara - gara ancur gini jadinya mobil gw bisa dipake detektif undercover gtu kali ya?? kan keren tuh, musuh - musuh mana tau kalo detektif pake mobil ancur.

Tapi setelah gw telaah lebih dalam, ternyata bukan Detective, tapi Defective, pake F!!!! Kalau Effective itu artinya berguna, Defective itu total kebalikannya. Berarti, mobil gw dianggep ga berguna sama si polisi tadi, dan gw harus membetulkan apa - apa yang ditunju sama dia supaya mobil gw layak pakai lagi.

Seperti inilah kira - kira stiker Defective Vehicle

Tapi seperti yang gw bilang diatas, maintanence dan repairment mobil disini super malah. Dengan kondisi mobil gw yang super hancur lebur ini, bisa diperkirakan harga betulin bemper, betulin bagasi, betulin oli bocor, ganti ban 4-4nya, betulin lampu sen, dan segala tetek bengek lainnya bisa menghabiskan duit lebih banyak daripada harga mobil itu sendiri.

Alhasil, dengan perasaan penuh gundah dan hati penuh gulana, gw pun terpaksa melambaikan tangan tanda selamat tinggal kepada Ford Falcon gw ini. Konsekuensinya, selain gw harus kembali naik angkot buat ke kampus, gw pun masih harus melunasi sisa pembayaran mobil gw yang baru gw cicil 200$ saja.

Lalu bagaimana gw harus melunasi mobil gw padahal tanpa adanya mobil gw ga bisa kerja delivery koran?!

Pada saat itu gw pun bingung harus berbuat apa, yang bisa gw lakukan hanyalah terdiam dan berseru dalam hati....

WHAT THE FAZ!!!???!!!!

WHAT THE FAZ LEVEL:3.5

Selanjutnya dalam WHATTHEFAZMOMENT 20: Mobil Baru, WHATTHEFAZ Baru....




1 comment:

  1. hahahahaha sumpah kocak abesssss.....cara loe nulis pake bahasa jawa, daya khayal gw langsung bekerja...seorang polisi bule ngomong dengan bahasa jawa gitu...hahahahaha seruuuuuuuuuu

    ReplyDelete