Sunday 19 June 2011

WHAT THE FAZ MOMENT 41

Kali ini gw mau ngelanjutin cerita gw tentang salah satu mobil kebanggan, Daihatsu Applause. Kenangan gw sama ini mobil emang penuh dengan WHAT THE FAZ MOMENT, dan pernah gw tulis di nomer 39 dan nomer 10.


Lagi - lagi waktu itu kejadiannya pas gw lagi kerja di Coburg, sekitar satu setengah taun yang lalu. Seperti biasa, setelah berjibaku dengan layar komputer selama kurang lebih 6 jam, gw buru - buru pengen pulang supaya bisa santai - santai di rumah.

Gw masuk ke dalem mobil tercinta, gw duduk dengan nyaman dan senyum sumringah, gw pasang kunci mobil gw, dan dengan serta merta gw puter itu kuncinya.

"Kchek, kchek, kchek, kchek"

Loh? Kok kagak nyala???

Entah kenapa tiba - tiba Daihatsu Applause gw tercinta ini bagaikan lagi ngambek sama gw. Gw coba lagi berulang - ulang buat nyalain itu mobil, tapi tetep aja mobil gw bergeming tanpa getaran.

"Beh, ni kagak ada listriknya ni mobil nih, kenapa yak? apa gara2 gw belom bayar bill listrik?"

Gw yang gagap tentang seluk beluk mobil pun bingung harus berbuat apa. Awalnya, gw coba bujuk rayu supaya si Applause ga ngambek lagi, sambil gw elus - elus, gw ajak ngobrol si Applause.

"ayo dong mas, nyala dong, ntar gw cuci deh janji deh, sebulan sekali deh gw cuci sampe dalem2nya, mau yah, yah mau yah?"









Tapi ternyata bujuk rayu gw itu tidak mempan, padahal, itu mobil udah gw iming - imingi supaya nanti gw cuci sebulan sekali, kan lumayan daripada 6 bulan sekali kayak biasanya, ya kan?


Karena trik bujuk rayu tidak mempan, gw pun punya ide lain. Emang sebelomnya gw udah pernah kejadian battery mati kayak gini juga, dan tentunya cara paling jitu buat nyalain lagi adalah di jump start.

Masalahnya adalah bos gw sore itu lagi ga ada dirumah, jadi gw ga bisa minta tolong pake mobilnya dia buat ngejumper, ini mobil. Alhasil, setelah melakukan riset ke sekeliling, gw memutuskan untuk mengetok rumah tetangga buat nolongin gw. Bagaikan iklan termorex jamannya bagito show, gw ngetok ngetok pintu tetangga berharap adanya pertolongan. Dan emang yang namanya Australia itu dipenuhi orang - orang baik, si tetangga itu dengan ringan tangan langsung ngeluarin mobilnya buat bantuin gw.

Begitu mobilnya keluar, gw malah kaget,
"Beh, mobilnya keren gini lagi"

Si tetangga itu ternyata punya mobil Peugeot terkini yang kurang lebih berbentuk seperti ini:


Dengan cekatan dan tanpa buang waktu, langsung aja gw ambil kabel jumper dari bagasi gw yang emang selalu siap sedia jika ada masalah - masalah kayak gini. Si tetangga yang ga begitu ngerti tentang mobil, dengan ramah mempersilahkan gw ngubek - ngubek mobilnya. Dengan lagak macam montir kelas wahid, gw bilang aja ke dia:

"Don't worry, its gonna be fine, i've done this before"

Tapi, pas gw buka kap mesinnya, gw heran, kok bentuk baterenya aneh banget?
ga kayak batere biasanya? apa gara gara ini mobil modern yak?

kayak gini bentuk batere peugeotnya.

Padahal, biasanya gw nge jumper pake batere yang kayak gini:

Bentuk batere mobil gw.
Tapi, karena udah terlanjur sok tahu, dan emang ga ada pilihan lain, akhirnya gw asal aja pasang kabel jumper di batere gw, dan ujung lainnya di baterenya dia.
Walaupun gw bingung, mana yang positive mana yang negative, tapi apa boleh buat, kalo kata Coldplay kan, "you'll never know when you never try".

Setelah semua kabel terpasang, gw suruh si tetangga buat nyalain mobilnya, supaya bisa ngecharge battere gw. Gw tunggulah beberapa lama sampe battere mobil gw lumayan ke charge, lalu dengan aba - aba layaknya orang - orang di pitstop F1, gw lambaikan tangan ke si tetangga tadi, pertanda gw mau nyalain mobil gw.

"Oke, mate, I'm gonna turn on my car okay" kata gw,

"yup, just do what you gotta do mate!"

"OK!"

Gw puter kunci mobil gw, dan tiba - tiba.....

Jeglek.... ngiuttt.....

WHAT THE FAZ!!!!???

Bukannya mobil gw yang nyala, malah mobilnya si tetangga itu yang ikutan mati.

WHAT THE FAZ???!!!!

Gw pun langsung panik seketika, ngeri banget kalo ternyata mobilnya yang malah jadi rusak, kebayang di otak gw pundi - pundi didompet gw harus melayang buat ngebenerin ini mobil, tau sendiri mobil kayak gini kalo masuk bengkel dijamin mahal.

Langsung aja gw cabutin kabel - kabel yang tadi dengan sok tau gw pasangin di baterenya dia, dan gw suruh dia nyoba nyalain lagi. Namun, bukannya suara mesin nyala yang gw denger, malah suara si tetangga yang bilang:

"Mate, what have you done to my car???!!!"

WHAT THE FAZ???!!!!

Mampus deh gw kalo mobilnya dia sampe rusak. Dengan penuh harap - harap cemas, gw coba sentuh - sentuh itu batere supaya baik ama gw, dan gw balikin aja tutup plastik yang tadi gw buka buat masang kabel jumper.

"Can you try it this time?" Kata gw lagi, tetep dengan gaya montir.

"Ckhhkkkk, ckhhhkk, ckhhhkkk, brooooommmmmmmm, brooooommm"

ALHAMDULILLAHHHHHH....

Untungnya, entah apa yang tadi gw pegang - pegang, berhasil bikin itu mobil nyala kembali. Ga jadi deh gw ganti rugi buat betulin mesinnya. Si tetangga pun langsung pamit diri, takut kalo mobilnya gw sentuh - sentuh lagi. Gw pun yakin, kalo itu mobil bisa ngomong, dia bakal pasang speaker di kuping gw buat teriak:

WHAT THE FAZ????!!!!!!
 WHAT THE FAZ LEVEL: 3.5

PS: Sampe sekarang gw ga tau itu kenapa malah bisa mati mobilnya dia, ada yang bisa ngasih jawaban kagak?

2 comments:

  1. cerita selingan yang bagus Faz... bikin otak yang sedang mumet (krn mikiran thesis yang gak jg selesai), jadi relax.
    Keep on writing....
    Who knows in the future you'll be like J.K Rowling???

    .....
    tante Yuli

    ReplyDelete
  2. huehue Jusuf Kalla maksudnya?

    ReplyDelete